Sholawat ketika Ada Wabah

Wabah Corona yang menggembarkan dunia cukup membuat panik. Bagaimana enggak panik, ya, penyebarannya sangat cepat. Bahkan sampai hari ini sudah 80 orang tewas dan 2504 orang terinfeksi. Ya Allahu Ya Rabb. Musti makin memperbanyak doa dan sholawat ketika ada wabah begini.

Selain menjaga imunitas tubuh dengan suplai sayur, buah dan melakukan pola hidup sehat, juga menghindari kontaminasi dengan orang yang diduga terinfeksi virus Corona, kita musti memperbanyak doa, tawakkal dengan Robbuna.

Meski kita enggak tahu apakah wabah Corona termasuk Tho’un atau enggak. Kita bisa mengamalkan sholawat tho’un, siapa tahu dengan berkah sholawat ini Allah Melindungi kita dan negara ini dari wabah corona. Definisi Tho’un sendiri masih menjadi perdebatan.

“Wabah Tho’un adalah suatu ayat, tanda kekuasaan Alloh Azza Wajall yang sangat menyakitkan, yang ditimpakan kepada orang-orang dari hambaNya. Jika kalian mendengar berita dengan adanya wabah Tho’un, maka jangan sekali-kali memasuki daerahnya, jika Tho’un telah terjadi pada suatu daerah dan kalian disana, maka janganlah kalian keluar darinya. ( HR Imam Muslim (Radliallaahu ‘anh) )

Ibnu Qayyim Al Jauzi berkata “Tha’un adalah sejenis wabah penyakit. Menurut ahli medis, thaun adalah pembengkakan kronis dan ganas, sangat panas dan nyeri hingga melewat batas pembengkakan sehingga kulit yang ada di sekitarnya bisa berubah menjadi hitam, hijau, atau berwarna buram dan cepat bernanah. Biasanya pembengkakan ini muncul di tiga tempat: Ketiak, belakang telinga, puncak hidung dan disekitar daging lunak.”

Wallahua’lam. Ada baiknya kita membentengi diri. Ikhtiar dengan menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, dibarengi doa sebagai kepasrahan tertinggi kepada ia yang Maha Hidup.

Aku dapatkan sholawat ini dari ning Lubabah, Parengan. Sholawat ini sudah umum diijazahkan, terutama oleh kalangan Nahdhiyyah.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلاَ ةًتَدْفَعُ بِهَاعَنَّاالطَّعْنَاوَالطَّاعُوْنَ يَااَمْرُهُ اِذَااَرَادَشَيْأً اَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad, kepada keluarganya, dengan rahmat yang Engkau menolak dengannya dari kami dari tusukan jin dan tha’un. Wahai dzat yang urusannya jika menghendaki sesuatu dengan berkata kepadanya: jadilah, maka jadilah ia.”

Sumber Hadist tentang Tho’un: PISS KTB

Sumber Sholawat: Ning Lubabah, Parengan

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *