Laundry Anti Bosen dengan Layanan Internet IndiHome

Pernah bepergian dan membawa baju yang sedikit?

Mau laundry tapi takut molor?

Pake laundry self service atau coin laundry aja. Apalagi kalo nunggunya bisa sambil browsing pakai layanan internet dari IndiHome, Internetnya Indonesia. Pasti betah.

Bosan menunggu laundry

Laundry self service ini adalah pilihan terbaik bagi kamu yang tidak punya ruang atau waktu untuk mencuci baju. Salah satunya traveller. Untuk meminimalisir barang bawaan yang terlalu banyak, traveller akan memilih untuk mencuci bajjunya di tempat tujuan. Namun sayangnya, jika laundry di hotel biayanya cukup mahal karena dihitung per potong baju. Mau mencuci sendiri di hotel engga kering-kering. Sedangkan di laundry, harga yang diberikan adalah harga coin atau harga 1x load penggunaan mesin cuci dan bisa ditunggu hingga kering dan siap dibawa pulang.

Sistem Kerja Laundry Self Service

Seperti namanya, laundry self service merupakan konsep laundry yang dapat dilakukan secara mandiri. Mulai dari merendam pakaian, mencuci, mengeringkan hingga melipat dilakukan oleh pelanggan sendiri. Pemilik laundry hanya bertugas menimbang dan menyewakan mesin cucinya saja.

Jam buka laundry ini biasanya pagi sekitar jm 7 dan tutup sekitar jam 9 malam. Namun ada jam yang cenderung dihindari oleh pelanggan yang biasa menggunakan laundry ini. Jam tersebut adalah pertengahan hari karena biasanya akan antrian cukup banyak. Oleh karena itu alangkah baiknya jika mendatangi laundry ini di pagi hari sebelum antrian mengular.

Keunggulan Laundry Self Service

Beberapa keunggulan dari laundry ini antara lain:

  1. Lebih privat karena baju dicuci sendiri oleh pelanggan
  2. Proses laundry cepat yakni berkisar 1-2 jam dibandingkan dengan laundry konvensional yang memakan waktu 1-3 hari baru bisa dibawa pulang
  3. Harga yang ditawarkan oleh laundry ini juga cukup murah dengan proses secepat itu.
  4. Meskipun terbilang cepat waktu tunggu yang cukup panjang di tempat laundry juga dapat memberi kejenuhan. Untuk membunuh rasa bosan, biasanya pihak laundry akan menyediakan ruang tunggu dan Wifi yang anti lelet seperti IndiHome yang bebas digunakan oleh pelanggan sehingga dapat merasakan manfaat internet cepat.

Fasilitas yang Ada Di Laundry Self Service

Laundry self service ini tentu memiliki fasilitas laundry yang cukup lengkap untuk pelanggan seperti:

  • Mesin Laundry (cuci dan pengering)

Biasanya pada laundry self service, mesin cuci dan pengering akan diletakkan atas bawah sehingga pelanggan lebih mudah untuk menggunakannya. Selain mesin, pada beberapa gerai laundry juga telah menyertakan detergent dan pewangi dalam harga koin atau harga 1x loadnya.

  • Meja untuk melipat baju

Untuk memudahkan pelanggan dalam melipat baju, pihak laundry juga menyediakan tempat melipat baju khusus yang disertai dengan spray pewangi dan plastik kresek untuk membungkusnya

  • Meja dan kursi untuk menunggu

Fasilitas tambahan ini sebenarnya tidak selalu ada pada tiap gerai laundry self service. Namun memang ada baiknya untuk memilih laundry yang memiliki fasilitas ini agar lebih nyaman saat menunggu waktu mencuci yang biasanya berkisar antara 1-2 jam.

  • Fasilitas internet

Self laundry yang dilengkapi dengan Wifi tentu memiliki daya tarik tersendiri.  Apalagi jika menggunakan produk dari Telkom Indonesia, IndiHome yang kecepatan internetnya kencang dan mendukung aktivitas tanpa batas meskipun sedang mencuci pakaian. Waktu sebanyak 1-2 jam misalnya, akan sangat terasa membosankan jika hanya digunakan untuk menunggu. Namun berbeda ceritanya jika bisa dilakukan sambil nonton streaming video favorit, mengerjakan tugas, meeting hingga bekerja saat menunggu pakaian selesai dicuci.

Kekurangan Laundry Self Service

Ada kelebihan, maka ada kekurangan. Karena tidak ada yang sempurna di dunia ini. Berikut adalah kekurangan dari laundry self service :

  • Harga yang cukup mahal

Jika dibandingkan dengan laundry yang lain, harga yang ditawarkan oleh laundry self service ini cukup mahal. Yakni mulai dari Rp 25.000/load mesin cuci atau sekitar 5kg dan belum disetrika. Jika dibandingkan dengan laundry normal yang menawarkan cuci kering yakni Rp 15.000/5kg.

  • Kurang efisien

Laundry dengan sistem ini dianggap kurang efisien karena harus dilakukan sendiri. Apalagi jika harus mengatri maka antriannya akan luar biasa lama.

Melihat kekurangan ini sebenarnya telah dipaparkan pada keunggulan self laundry yang kita dapatkan ya. Apalagi jika ditambah dukungan internet cepat anti lelet dari IndiHome. Bak sambil menyelam minum air lah. Mencuci selesai, yang lain juga selesai. Baju bersih, hati gembira.