Kurikulum Agama Islam untuk Anak 0-5 Tahun

Mengenalkan Agama kepada anak sebaiknya dilakukan sejak dini, bahkan sejak di dalam kandungan. Apa saja sih yang harus diajarkan kepada anak usia 0-5 tahun? Apakah tidak terlalu dini jika diajak mengaji sejak bayi? Enggak kok, tentu kurikulum agama islam untuk anak 0-5 tahun sangat bisa diajarkan, bahkan sejak anak masih bayi merah, karena kurikulum ini sangat sederhana.

Garis Besar Kurikulum Agama Islam untuk Anak 0-5 Tahun

Kurikulum agama islam untuk anak 0-5 tahun ini kudapatkan dari Zia Ul Haq. Kurikulum ini bisa digunakan dalam skala keluarga yang bukan keluarga pesantren sehingga tidak membutuhkan materi yang mendalam. Secara garis besar, untuk anak 0-5 tahun yang perlu diajarkan adalah:

  1. Syiiran/ Nyanyian Islami
  2. Zikir, 4 zikir pokok yang terdiri dari tasbih, tahmid, tahlil, dan istighfar. Serta shalawat sederhana.

Syiiran/ Nyanyian Islami untuk Anak 0-5 Tahun

Syiirin/ Nyanyian islami untuk anak 0-5 tahun bisa dicari di berbagai sumber. Contoh syiiran islami untuk anak 0-5 tahun yang bisa dinyanyikan oleh ibu/ayah saat ngiling anak antaralain:

Kurikulum Agama Islam untuk Anak 0-5 Tahun 2

Rukun Agami by Zia Ul Haq:

Shalatullah Salamullah Alla Toha Rasullilah Shalatullah Sallamullah Alla Yasin Habibillah

Sholatullahi wasalam ‘ala manja a bil islam Waalihi ahlil iman Wa shohbihi dzawil ihsan

Siji dina Kanjeng Nabi Kerauhan makhluk suci Yaiku malikah Jibril Mulang babakan agami

Arupa wong lanang gagah resik ora katon payah Takon islam, iman, ihsan Serto kiyamat kapan

Lajeng jawab Kanjeng Nabi Kelawan teges lan titi Hayo kabeh wong kang imanGatekna ingkang temenan

Zikir untuk Anak 0-5 Tahun

Ada 4 Zikir pokok yang diajarkan kepada anak, tidak lupa shalawat pendek yang bisa kita nyanyikan bersama anak saat ngliling anak.

Kurikulum Agama Islam untuk Anak 0-5 Tahun 3

Tasbih

Tasbih adalah memuji keagungan Allah. Ajak anak untuk bertasbih setiap kali menemukan hal-hal yang mengagumkan. Lafadz tasbih sendiri adalah:

سبحان الله

Subhanallah. Maha Suci Allah.

Tahlil/ Takbir

Tahlil/ takbir adalah memuji kebesaran Allah. Allahu Akbar. Ajak anak untuk melafadzkan tahlil dengan penuh kerendah hatian, mengakui akan Kebesaran Allah sang Maha Pencipta.

Takbir/ Allahu Akbar/ الله أكبر

Allah Maha Besar

Tahmid

Tahmid adalah memuji Allah atas nikmat apapun yang kita dapatkan. Ajak anak untuk mengucapkan Alhamdulillah sebagai wujud syukur atas nikmat yang didapatkan oleh anak.

Tahmid/ Alhamdulillah/ الحمد لله

Segala Puji bagi Allah

Istighfar

Istighfar adalah memohon ampun kepada ALlah. Sedini mungkin kita mengajak anak untuk memohon ampun atas kesalahan atau kekhilafan kita. Ajak

Istighfar/ Astaghfirullah/ أستغفر الله‎

Aku memohon ampun kepada Allah

***

Kurikulum agama islam untuk anak 0-5 tahun ini sangat sederhana dan bisa kita lakukan setiap saat sehingga bisa tertanam di alam bawah sadar anak. Dengan tertanamnya kurikulum agama islam di alam bawah sadar anak, kita berikhtiar semoga Allah Menanamkan Tauhid di dalam hati anak-anak kita hingga di akhir hayat.