Pantai Delegan Gresik

Saat ini, hidup tanpa jaringan internet tentu akan menyulitkan. Kesulitan ini berkaitan dengan akses informasi dan komunikasi dengan berbagai pihak. Termasuk untuk meningkatkan potensi suatu wilayah. Dengan akses internet yang cepat dan mudah seperti IndiHome, tentu dapat meningkatkan aktivitas tanpa batas setiap penggunanya. Sehingga produktivitasnya akan meningkat dan bukan tidak mungkin jika pendapatnya juga dapat meningkat.

Potensi ekonomi yang ada disuatu desa tanpa ada konektivitas internet akan menjadi sebuah bongkahan berlian yang terkubur. Namun jika potensi tersebut disebar luaskan, maka manfaat internet sebagai media informasi akan sangat dapat dirasakan.

Menggali Potensi Desa dengan IndiHome

Perlu diketahui bahwa produk Telkom Indonesia, IndiHome merupakan satu-satunya provider Wifi yang jangkauannya paling luas hingga ke pelosok negeri. Salah satu produk IndiHome yang digunakan dipelosok negeri adalah Fiber To The Home (FTTH) yang mendukung pemasangan wifi meskipun tanpa kabel. Langsung ke rumah pelanggan. Produk ini menjadi solusi bagi pelanggan yang ingin berlangganan layanan internet namun lokasinya sangat terpencil dan tidak memungkinkan pemasangan kabel. Dengan layanan seperti ini, maka tidak salah jika IndiHome menjadi pelopor Internetnya Indonesia.

Potensi ekonomi yang ada di kampung akan sangat bervariatif tergantung dengan daerahnya. Di Banyuurip Ujung Pangkah Gresik misalnya, memiliki potensi hasil alam berupa kerang kerangan yang melimpah. Beraneka jenis kerang seperti kerang hijau, batik, jamang, dara dan masih berbagai jenis kerang lainnya dapat ditemui disini. Sayangnya jika musim kerang tiba, harganya anjlok hingga menyentuh Rp 2000/kg karena penyebaran produknya hanya disekitaran kabupaten Gresik saja. Namun hal berbeda pernah dialami oleh Fifit, salah satu petani kerang hijau yang juga menjual produknya ke marketplace Facebook. Tidak tanggung tanggung, pembeli hingga Jogjakarta datang sebagai pengepul untuk memasok produknya dan dipasarkan di daerah Jogjakarta yang jaraknya tentu sangat jauh dari Gresik.

Hal serupa tidak akan dapat terjadi jika para pelaku usaha tidak mengembangkan usahanya dengan mengikuti zaman. Bentuk promosi di media sosial menjadi salah satu hal wajib jika ingin lebih dikenal orang secara lebih luas. Dan dukungan jaringan Internet seperti IndiHome akan sangat membantu berbagai proses yang berkaitan dengan kegiatan online ini.

Peran Pemerintah Desa untuk Mengembangkan Daerahnya

PemDes alias pemerintah desa tentu dapat menjadi perantara kesuksesan warga kampungnya. Hal ini dapat dilakukan dengan memfasilitasi jaringan internet IndiHome dibeberapa titik di desa sehingga setiap warga bisa mendapat manfaat internet pada tiap lini kegiatan termasuk usaha. Selain itu, PemDes juga memberi pendampingan dan pelatihan pada warganya supaya manfaat internet dapat lebih optimal.

Bagi warganya yang belum memiliki pekerjaan dan kurang memiliki skill, pemdes dapat memberi arahan ataupun mendaftarkannya di BLK. Sedangkan bagi masyarakat yang sudah memiliki usaha, didukung untuk meningkatkan skala usahanya dengan memanfaatkan jaringan internet IndiHome yang cepat dan anti lelet. Pendampingan juga diperlukan untuk mengevaluasi secara berkala mengenai progress yang dibuat.

Salah satu bentuk pendampingan yakni dengan memberikan penyuluhan bagi pebisnis muda di desa untuk dapat melakukan copywriting, mengedit video, membuat konten, pemasaran online hingga mengadaptasi ide kreatif dari berbagai content creator untuk meningkatkan produktifitas. Di desa Ngemboh Ujungpangkah Gresik saat ini sedang berkembang usaha kereta kelinci yang idenya berasal dari mereparasi bus, elf hingga truk untuk direparasi. Jangkauan usahanya hanya berkisar dijalan paling utara dekat laut jawa sepanjang kurang lebih 20km. Namun karena jumlahnya yang belum begitu banyak, promosi di Facebook, serta peminatnya yang melimpah, membuat usaha ini menjadi laris manis.

Hal berbeda dialami oleh pemdes Dalegan Panceng Gresik. Wisata pantai dalegan ini merupakan satu satunya objek wisata pantai yang ada dikabupaten Gresik dan dikelola oleh pemdes serta masyarakat sekitar. Sebelum pandemi, keuntungan bersihnya mencapai 4M pertahun. Untuk mengembangkan potensi wisata pantainya, pihak pemdes mengadaptasi sistem parkir dan transportasi baru yang dilihat di internet dan menggunakan internet sebagai media komuniakasi sehingga pengunjung lebih nyaman. Selain itu, pihak pengelola wisata juga menyediakan wifi IndiHome gratis bagi seluruh pengunjung pantainya sehingga pengunjung merasa lebih nyaman dan betah untuk berkunjung ke wisata pantai Dalegan.

Itulah betapa berpengaruhnya internet sebagai media informasi dan komunikasi saat ini. Pemanfaatan internet yang baik serta kemauan untuk berkembang tentu dapat meningkatkan produktivitas. Produktivitas yang tinggi dengan kerja cerdas dan dukungan internet IndiHome tentu tidak dapat dipungkiri mampu memperluas skala usaha dan skala cuan yang diperoleh.