7 Tanda Cinta Yang Perlu Kalian Ketahui 1

Kenali 7 tanda cinta ini untuk membuktikan adanya cinta di hatimu.

  1. Selalu Teringat
    Salah satu tanda cinta yang paling mudah diukur adalah seberapa banyak mengingat orang atau sesuatu yang dicintai. Kalau untuk ingat saja masih harus diingatkan maka itu belum cinta. “Jangan lupakan aku, ya”.
  2. Kagum
    Memgagumi orang atau sesuatu yang dicintai adalah keniscayaan. Tanpa kekaguman, cinta seseorang patut dipertanyakan. “Dia biasa-biasa saja, kok. Sama seperti yang lain.”. Jangan-jangan itu bukan cinta melainkan hasrat ingin memiliki yang penting tidak jomblo.
  3. Rela
    Pasrah atas apapun yang dilakukan oleh orang yang dicintai merupakan salah satu tanda cinta. Diberi uang jajan sedikit atau banyak, dikasih perhatian sedikit atau banyak, diperlakukan dengan baik ataupun tidak, seseorang yang sudah benar-benar jatuh cinta akan dengan senang hati menerimanya. Begitu pula cinta kepada Allah yang membuat selalu rela menerima qodlo dan qodarnya.
  4. Berkorban
    Mengorbankan diri sendiri untuk membahagiaan orang yang dicintai sudah menjadi sifat bawaan sang pecinta. Memberikan apa pun tanpa diminta, membantu meringankan pekerjaan, atau bentuk pengorbanan apa saja dapat dilakukan sang pencinta. Demikian halnya yang dilakikan Sang Pencipta kepada kita.
  5. Takut
    Seorang pecinta akan merasa takut berpisah, takut ditinggal, takut orang yang dicintai kenapa-kenapa, dan merasakan ketakutan-ketakutan lainnya.
  6. Berharap
    Selain takut, pecinta juga memiliki harapan kepada orang yang dicintai. Entah harapan untuk bertemu, memadu kasih, ataupun harapan lainnya.

     

    Seberapa banyak kita berharap untuk bertemu Allah? Jangan-jangan tidak ada harapan dan malah berusaha menghindar dengan cara berusaha menolak kematian.

  7. Patuh
    Apapun yang diminta orang yang dicintai akan dilakukan oleh pecinta. Kepatuhan ini lah yang patut kita junjung dalam beribadah kepada Allah. Bukan karena takut siksa neraka. Bukan pula karena berharap surga. Cinta lah yang mendorong kita untuk patuh menjalankan perintah-Nya.

Ini merupakan rangkuman dari ngaji filsafat oleh Dr. Fahrudin Faiz

Ngaji filsafat cinta oleh Dr. Fahrudin Faiz